Muara Angke

Muara Angke adalah salah satu “gerbang” menuju Kepualauan Seribu. Destinasi wisata yang menjadi favorit warga jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini. Kenapa? Karena bisa dinikmati diwaktu weekend dan tidak harus bersusah payah mengusahakan cuti. Berangkat sabtu pagi, dan sudah tiba di jakarta lagi minggu sore.

Banyak agen yang meyediakan jasa tur ke kepulauan seribu : pulau tidung, pulau pramuka, pulau semak daun, dsb. Harganya bervariasi mulai dari 200 ribuan, tergantung banyaknya rombongan. Atau bisa juga tanpa tur, di pulau tidung dan pulau pramuka banyak yang menyediakan penyewaan alat-alat snorkling, sepeda, dan sewa perahu. Begitu juga dengan penginapan, banyak warga sekitar yang menjadikan rumah mereka menjadi penginapan.

Sebenarnya ada satu lagi akses menuju kepulauan seribu, lewat ancol, namun harganya tidak akan semurah dari muara angke.

Muara angke itu bau, itu kesan pertama saya. Pasar ikan dan pelabuhan dijadikan satu membuat semua bau bersatu padu. Belum lagi kebiasaan masyarakat yang menganggap laut dan sungai adalah tempat sampah. Selain itu, permukaan air laut di daerah sekitar muara angke lebih tinggi daripada permukaan tanah nya. Lengkaplah sudah.

Tapi dibalik itu, muara angke sangat menarik, i got some nice photos before i sailed to pramuka island. Enjoy!

. .

Leave a comment